BONEKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Dengan cara spesial pengertian tentang boneka adalah tiruan
bentuk manusia serta bentuk binatang. Jadi sesungguhnya boneka adalah satu
diantara jenis perbandingan. Dalam pemakaian boneka digunakan sebagai media
evaluasi lewat cara dimainkan dalam sandiwara boneka. Mulai sejak th. 1940-an
penggunaan boneka ebagai media pendidikan jadi popular serta banyak dipakai di
Sekolah Basic serta Sekolah Kelanjutan di Amerika. Di Eropa seni pembuatan
boneka sudah begitu tua serta begitu popular dan lebih tinggi tingkat
ketrampilannya dibanding di Amerika. Untuk kepentingan sekolah bisa di buat
boneka yang sesuai dengan beberapa narasi zaman saat ini. Untuk setiap daerah
pembuatan boneka ini sesuai dengan kondisi daerah semasing. Kado Wisuda
Manfaat boneka yaitu terkecuali sebagai media evaluasi,
boneka sebagai penghubung alat komunikasi, menangkap daya fikir anak,
meningkatkan daya visualnya dan anak bisa berimajinasi dengan sukanya dia
belajar.
Beberapa macam Boneka :
A. Boneka jari
Boneka ini di buat dengan alat, sesuai sama namanya boneka
ini dimainkan dengan memakai jari tangan. Kepala boneka ditempatkan pada ujung
jari kita/dalam.
B. Boneka Tangan
Dimaksud boneka tangan, karna boneka ini cuma terbagi dalam
kepala serta dua tangan saja, sedang sisi tubuh serta kakinya cuma adalah
pakaian yang bakal tutup lengan orang yang memainkannya.
C. Boneka Tongkat
Untuk kepentingan pemakaian boneka tongkat sebagai media
pendidikan/evaluasi di sekolah, jadi tokoh-tokohnya di buat sesuai sama kondisi
saat ini.
D. Boneka Tali
Boneka tali atau “Marionet” banyak digunakan dinegara barat.
Boneka tali sisi kepala, tangan, serta kaki bisa digerak-gerakkan menurut
kehendak kita/dalangnya
E. Boneka Bayang-bayang
Boneka bayang-bayang (Sadhow Puppet) yaitu type boneka yang
langkah memainkannya dengan mempertontonkan gerak bayang-bayang dari boneka
itu. Tetapi untuk kepentingan sekolah, wayang sejenis ini dirasa kurang
efisien, karna untuk memainkan boneka ini dibutuhkan ruang gelap/tertutup. lagi
juga dibutuhkan lampu untuk bikin bayang-bayang monitor.
Keuntungan Pemakaian Boneka :
1) Tidak membutuhkan, banyak tempat, saat yang banyak, cost
serta persiapan yang sangat rumit.
2) Tidak menuntut ketrampilan yang rumit untuk yang bakal
memainkannya.
3) Bisa meningkatkan imajinasi anak, mempertinggi keaktifan
serta menaikkan situasi senang.
Panduan Pemakaian Boneka sebagai Media Evaluasi :
Rumusan maksud evaluasi dengan terang, buat naskah sandiwara
yang bakal dimainkan dengan cara terinci, permainan boneka mementingkan gerak
daripada kata, permainan boneka janganlah sangat lama, kurang lebih 10 hingga
15 menit, sebaiknya sandiwara diselingi dengan nyanyian, bila butuh pemirsa di
ajak bernyanyi berbarengan, isi narasi sebaiknya sesuai sama usia serta
kekuatan dan daya imajinasi anak-anak yang melihat, usai permainan sandiwara
boneka, sebaiknya diselenggarakan aktivitas kelanjutan seperti tanya-jawab,
diskusi atau bercerita kembali mengenai isi narasi yang dihidangkan, bila
sangat mungkin, semakin lebih baik lagi bila kita berikan peluang pada
anak-anak untuk memainkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar